Human-Computer Interaction

SISTEM

 

OPERASI

Peran Sistem Operasi

(adalah sebuah program)

  • mengatur fasilitas komputer, memberikan layanan untuk pemrogram, dan menjadwal eksekusi program lainnya.

  • menjembatani perangkat keras dari pemrogram.

  • memberikan interface yang bagus untuk menggunakan sistem

  • mengontrol eksekusi program-program aplikasi yang memerlukan fasilitas dan pelayanan hardware komputer.

Tujuan dan Fungsi Sistem Operasi

  • Nyaman : Suatu sistem operasi akan membuat sistem komputer lebih mudah untuk digunakan.

  • Efisien : Sistem operasi memungkinkan fasilitas sistem komputer dapat digunakan dengan cara yang efisien.

 

cakrawalawindow1.gif

 

Sistem Operasi sebagai Interface Pengguna/Komputer

  • HARDWARE KOMPUTER

  • SISTEM OPERASI

  • UTILITIES

  • PROGRAM-PROGRAM APLIKASI

  • END USER

  • PEMROGRAM

  • PERANCANG SISTEM OPERASI

 

Lapisan dan bentuk sebuah system komputer

 

 

425x319.jpg

Latar Belakang Sistem Operasi

  • Fungsi utama komputer adalah menyediakan satu atau lebih aplikasi.

  • Pengguna aplikasi (end user) umumnya tidak berkepentingan dengan arsitektur komputer, end user memandang sistem komputer dari sudut aplikasi.

  • Aplikasi diekspresikan dalam bentuk bahasa pemrograman dan dibuat oleh pemrogram aplikasi.

  • Sebagian program aplikasi dikenal sebagai utilitas. Utilitas adalah implementasi fungsi-fungsi yang sangat sering digunakan untuk membantu proses pembuatan program, manajemen file, dan pengontrolan perangkat I/O.

  • Program sistem yang paling penting adalah sistem operasi.

  • Sistem operasi menyembunyikan detail hardware dari pemrogram dan menyediakan interface yang nyaman untuk pemrogram.

  • Sistem operasi berfungsi sebagai mediator antara hardware komputer dengan pemrogram untuk mengakses dan menggunakan fasilitas layanan tertentu.

Jenis Sistem Operasi

Pembedaan jenis sistem operasi didasarkan pada karakteristik.

Karakteristik dapat dibagi menjadi 2 dimensi:

Dimensi pertama:

Ditinjau dari segi interaksi pengguna dengan sistem komputer, ada dua jenis sistem operasi yang independen, yaitu:

  • Sistem bersifat interaktif

  • Sistem bersifat batch

Dimensi kedua:

Ditinjau dari segi banyaknya program yang dieksekusi secara simultan, ada dua jenis sistem operasi, yaitu:

  • Sistem yang menggunakan Multiprogramming

  • Sistem yang tidak menggunakan Multiprogramming yaitu: Uniprogrammed / One task at a time

plan.jpg

Sistem interaktif,

  • pengguna/pemrogram berinteraksi secara langsung dengan komputer, biasanya melalui keyboard/layar monitor, untuk meminta eksekusi tugas atau membentuk transaksi.

Sistem batch,

  • program-program pengguna ditampung bersama-sama (secara offline) dengan pengguna lainnya dan kemudian diserahkan ke sistem operasi oleh operator komputer.

  • program diselesaikan, hasilnya dicetak dan dikembalikan ke pengguna.

  • sistem batch murni sudah jarang ditemukan saat ini.

Dimensi Multiprogramming

  • Prosesor selalu berada dalam keadaan sibuk karena prosesor mengerjakan lebih dari satu program pada saat yang sama,

  • Beberapa program dimuatkan ke dalam memori,

  • Prosesor beralih dengan cepat dari satu program ke program lainnya

  • Bila menggunakan sistem interaktif, menerapkan time sharing

  • Persyaratan lain untuk meningkatkan kecanggihan dibanding dengan sistem operasi tipe batch adalah

    • manajemen memori

    • penjadwalan

 

  • Tabel Jenis Sistem Operasi

Batch System Interactive System

 

 

 

     

Microsoft Wired Desktop

500-Keyboard Antiair


Keyboard dan mouse adalah komponen yang sangat umum dijumpai pada sebuah unit komputer. 500.jpgKedua input device tersebut sangatlah penting karena digunakan untuk ber-interface dengan komputer. Hingga kini, sudah banyak produsen yang mengeluarkan produk-produk keyboard dan mouse dengan berbagai tipe dan jenis. Salah satunya adalah Microsoft, perusahaan yang lebih dikenal sebagai pengembang software terbesar di dunia. Microsoft mengeluarkan produk keyboard dan mouse yang diberi nama Microsoft Wired Desktop 500.

Dari segi fisik, Microsoft Wired Desktop 500 memiliki bentuk yang serupa dengan keyboard dan mouse pada umumnya. Namun, lebar keyboard Wired Desktop 500 lebih pendek dibandingkan ukuran keyboard kebanyakan. Hal ini disebabkan Microsoft menghilangkan tombol shortcut Windows yang biasanya berada di sebelah kanan tombol spasi, menggeser tombol arah panah ke kiri, serta membariskan susunan tombol insert dan page up dari tiga baris melebar menjadi tiga baris menurun.

 

Seperti halnya keyboard-keyboard lainnya, keyboard ini juga menyediakan tombol-tombol E-mail and Internet Hot Keys, Media Center, dan Windows Hot Keys. Secara desain, keyboard ini memiliki bentuk sederhana yang menebal di bagian ujung atas keyboard ini. Keyboard ini juga didesain antiair sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila keyboard ini terkena tumpahan air.

Di bagian bawah keyboard ini terdapat lubang-lubang yang berfungsi sebagai tempat keluarnya cairan apabila keyboard ini terkena tumpahan zat cair.

68595_rw_mswireddesktop500_full_keyboard_topkeys.jpg

Mouse yang disertakan dalam paket penjualan ini mengusung optik sebesar 800 dpi sehingga cocok untuk pekerjaan desain yang membutuhkan presisi, ataupun sekadar untuk bermain game. Mouse ini didesain sedemikian rupa sehingga nyaman digunakan dengan tangan kiri maupun tangan kanan.

Pengujian yang dilaksanakan atas keyboard dan mouse ini menunjukkan hasil cukup baik. Tingkat sensitivitas dan respon yang baik dimiliki oleh kedua produk ini. CHIP menguji keyboard dan mouse ini dengan beberapa aplikasi productivity, seperti Microsoft Word dan Excel. Mengetik dengan keyboard ini juga tidak Melelahkan karena tombol-tombol yang ditekan memiliki tactile feedback yang baik. Untuk bermain game, hal yang sama juga berlaku untuk keyboard dan mouse ini.

 

 

Di ambil dari CHIP 11/2005

 

 

LINUX

kaacominternru-2010.jpg

Prinsip Rancangan

Dalam rancangan keseluruhan, Linux menyerupai implementasi UNIX non-microkernel yang lain. Ia adalah sistem yang multi-user, multi-tasking dengan alat-alat UNIX-compatible yang lengkap. Sistem berkas Linux mengikuti semantik tradisional UNIX, dan model jaringan standar UNIX diimplementasikan secara keseluruhan. Ciri internal desain Linux telah dipengaruhi oleh sejarah perkembangan sistem operasi ini.

Walau pun Linux dapat berjalan pada berbagai macam platform, pada awalnya dia dikembangkan secara eksklusif pada arsitektur PC. Sebagian besar dari pengembangan awal tersebut dilakukan oleh peminat individual, bukan oleh fasilitas riset yang berdana besar, sehingga dari awal Linux berusaha untuk memasukkan fungsionalitas sebanyak mungkin dengan dana yang sangat terbatas. Saat ini, Linux dapat berjalan baik pada mesin multi-prosesor dengan main memory yang sangat besar dan ukuran disk space yang juga sangat besar, namun tetap mampu beroperasi secara berguna dengan jumlah RAM yang lebih kecil dari 4 MB.

Prinsip Desain Linuxkaacominternru-2242.jpg

Akibat semakin berkembangnya teknologi PC, kernel Linux juga semakin lengkap dalam mengimplementasikan fungsi UNIX. Cepat dan efisien merupakan tujuan desain yang penting, tetapi akhir-akhir ini konsentrasi perkembangan Linux lebih pada tujuan desain yang ketiga yaitu standarisasi. Standar POSIX terdiri dari kumpulan spesifikasi dari aspek berbeda kelakuan sistem operasi. Ada dokumen POSIX untuk fungsi sistem operasi biasa dan untuk ekstensi seperti proses untuk thread dan operasi real-time. Linux di desain supaya sesuai dengan dokumen POSIX yang relevan; sedikitnya ada dua distribusi Linux yang sudah memperoleh sertifikasi ofisial POSIX.

Karena Linux memberikan interface standar ke programmer dan pengguna, Linux tidak membuat banyak kejutan kepada siapa pun yang sudah terbiasa dengan UNIX. Namun interface pemrograman Linux merujuk pada semantik SVR4 UNIX daripada kelakuan BSD. Kumpulan perpustakaan yang berbeda tersedia untuk mengimplementasi semantik BSD di tempat dimana kedua kelakuan sangat berbeda.

Ada banyak standar lain di dunia UNIX, tetapi sertifikasi penuh Linux terhadap standar lain UNIX terkadang menjadi lambat karena lebih sering tersedia dengan harga tertentu (tidak secara bebas), dan ada harga yang harus dibayar jika melibatkan sertifikasi persetujuan atau kecocokan sebuah sistem operasi terhadap kebanyakan standar. Mendukung aplikasi yang luas penting untuk semua sistem operasi sehingga implementasi dari standar merupakan tujuan utama pengembangan Linux walau pun implementasinya tidak sah secara formal. Selain standar POSIX, Linux saat ini mendukung ekstensi thread POSIX dan subset dari ekstensi untuk kontrol proses real-time POSIX.

 

 

 

 

 

Monitor LCD: Ringan, Ramping, dan Bergaya

3 Agustus 1999

Monitor LCD semakin banyak digemari karena desainnya yang ramping dan bergaya. Teknologi yang diterapkannya membuatnya jauh lebih tipis dibanding CRT.lcdbenq.jpeg

Monitor LCD (liquid crystal display) bukan lagi monopoli notebook. PC desktop pun bisa menggunakannya. Sudah banyak vendor yang memproduksi monitor LCD untuk komputer desktop. Namun harganya memang masih relatif mahal dibandingkan dengan monitor CRT (cathode-ray tube) konvensional. Hanya mereka yang berkantong tebal yang bisa memilikinya. Paling tidak harga monitor LCD empat kali lipat CRT. Untungnya harga cenderung turun, dan ketika tahun ini harga rata-rata monitor LCD 15 inci jatuh ke tingkat di bawah US$ 1100, konsumen mulai merenggutnya dalam jumlah besar. Monitor LCD 15 inci harganya berkisar US$ 949 – US$ 1599.

Memang ada faktor lain yang menyebabkan popularitas LCD terus menanjak selain menurunnya harga. Panel LCD active-matrix 15-inci menawarkan area-pandang kira-kira sama dengan layar CRT 17 inci. Kerampingan LCD juga memberikan daya tarik bagi pemakaian di kantor. Begitu praktisnya, LCD hanya menempati sepertiga ruang CRT dan bobotnya cuma seperempatnya – Anda dengan mudah mengangkat LCD 12-pon dari meja Anda tanpa mengorbankan punggung Anda. Model yang bagus juga mengkonsumsi energi 60% lebih rendah dan menghasilkan panas jauh lebih kecil. Kelebihan ini sangat bermanfaat bagi kantor yang sangat sempit dan berjejal.

Tetapi bagaimana dengan kualitas tampilannya? Berdasarkan hasil pengujian PC World, tidak dapat diambil kesimpulan, mana yang lebih baik antara CRT dan LCD untuk rendering teks dan grafis – kualitas sangat beragam untuk kedua jenis tampilan ini. Tetapi LCD dan CRT memiliki sedikit perbedaan penting. Salah satunya, layar LCD tampak lebih cerah, yang disukai oleh sebagian besar pemakai. Tetapi LCD juga dioptimasi hanya pada satu resolusi – kelemahan besar untuk profesional grafis dan spesialis CAD.

Antara Analog dan Digital

Ketika Anda memutuskan untuk membeli monitor LCD, Anda harus memilih antara model analog dan digital. Kedua pilihan memiliki plus dan minus.

Memasang LCD analog hanya membutuhkan koneksi kabel ke port VGA di komputer Anda. Tetapi kompatibilitas ini ada kekurangannya. Konverter LCD harus mendigitasi sinyal analog, sebuah proses yang bisa menghasilkan garis-garis bergelombang (jitter) atau efek ghosting (berbayang) pada layar, khususnya bila monitor tersebut dinyalakan seharian. Dari hasil pengujian, terdapat jitter pada Compaq TFT500, Mitsubishi LCD51, dan beberapa lainnya, walaupun dalam banyak kasus pemakai bisa mengkoreksi distorsi tersebut dengan mengatur kontrol phase tampilan melalui menu di layar.

Sebaliknya, monitor LCD digital, harganya cenderung lebih murah karena model ini tidak menggunakan pengubah (konverter) sinyal. Tetapi tampilan digital lebih sulit dipasang – Anda akan perlu menginstall kartu video khusus dan driver-nya. Ketika Anda memasangnya ada kemungkinan terjadi konflik sehingga Anda tidak bisa meneruskan proses setup.

Monitor LCD digital juga tidak memiliki satu standar industri mengenai bagaimana monitor ini dikoneksikan ke komputer. Saat ini masih ada dua standar, yaitu Digital Video Interface (DVI) dari Digital Display Working Group, dan Digital Flat Panel (DFP) dari Video Electronics Standards Association, yang secara historis menjadi pemimpin standar tampilan.

Monitor Princeton DPP560 menggunakan standar DFP; ViewSonic VPD150 dan Mag InnoVision LT530C menggunakan PanelLink, muncul dari DVI. Beberapa vendor masih menunggu standar dibuat sebelum mereka memperkenalkan jajaran produk monitor LCD digital. Standar tertentu membuat panel digital lebih mudah dipindahkan di antara sistem yang berbeda, seperti monitor CRT dan LCD analog.

Kualitas Tampilan

Sebagai peranti bisnis, layar LCD harus menampilkan teks dengan baik. Layar LCD berkualitas tinggi mampu menampilkan latar belakang putih-cerah dan tampilan huruf yang pekat dengan berbagai ukuran sehingga terasa nyaman di mata. Contoh produk yang memenuhi kualitas ini, menurut pengujian PC World adalah Princeton DPP560.

Layar LCD yang kurang baik, walaupun dapat menampilkan teks dengan jelas, tetapi ketika menampilkan tabel spreadsheet muncul garis-garis grid di antara sel yang memudar menjadi kelabu, dan tampilan untuk font kecil muncul pixel-pixel bergerigi. Biasanya layar yang kurang bagus juga menampilkan font 8-point dengan kurang bersih walaupun masih cukup jelas dibaca.

Tampilan teks merupakan salah satu parameter penentu kualitas. Grafis dan warna – dari bayangan halus sampai pastel dan warna-warna cerah – pada dasarnya penting untuk presentasi dan halaman Web yang kaya grafis. Kualitas tampilan LCD yang baik akan menampilkan warna dengan sempurna termasuk detil grafisnya.

Layar CRT memiliki kisaran setting resolusi, tetapi tidak demikian dengan LCD. Umumnya monitor LCD dapat menampilkan resolusi standar 1024×768. Sementara Anda dapat menampilkan gambar pada resolusi lebih rendah, dan pada beberapa monitor bisa lebih tinggi, kualitas gambar dapat sangat bervariasi. Profesional grafis dan spesialis CAD yang membutuhkan akurasi resolusi lebih tinggi tidak akan mendapatkan LCD 15-inci sangat bermanfaat untuk pekerjaan desain.

Keterbatasan sudut pandang LCD juga mengganggu banyak pemakai. Saat Anda melihat layar CRT dari samping atau atas, Anda masih dapat membaca teks dan melihat detail gambar berwarna. Sebaliknya, sebagian besar LCD tampak gelap dan memudar bila dilihat dari samping. Akan tetapi ada layar LCD yang menampilkan teks dan masih bisa dibaca dengan baik dari arah samping, contohnya adalah Apple Studio Display (karena adanya feature lapisan film) dan AcerView F51 serta LG 500LC, walaupun lebih kurang jelas dibandingkan CRT.

Keunggulan Desain

Desain monitor LCD memiliki beberapa keunggulan dibandingkan CRT. LCD memiliki bentuk yang lebih bergaya dan futuristik. LCD jauh lebih ringan dan kecil. Contohnya monitor CRT IBM P72 17 inci beratnya 43 pon dan kedalaman 17 inci.110301.jpg Bandingkan dengan Princeton DPP560 12,1 pon dengan kedalaman 8 inci. Ini sebabnya semakin banyak pemakai yang membayar lebih untuk monitor LCD yang relatif mahal.

Panel LCD yang memiliki rancangan bagus bisa dimiringkan ke atas/bawah (tilt), putar horisontal (swivel), dan putar vertikal (pivot). Tidak semua monitor LCD memang memiliki ketiga feature di atas. Fasilitas swivel bisa digunakan untuk mengontrol sudut pandang. Dan pemutaran vertikal (pivot) sampai 90 derajat sangat bermanfaat untuk penampilan dokumen dengan posisi potrait, atau penampilan halaman Web serta untuk dokumen-dokumen berukuran letter dan legal.

Beberapa monitor dilengkapi dengan speaker, merupakan feature yang menarik bila Anda ingin menambah suara pada presentasi Anda.

Soal Kontrol Layar

LCD, seperti CRT, membutuhkan pengaturan secara periodik. Selain kecerahan (brightness), kontras, dan kontrol vertikal serta horisontal, LCD analog memiliki tombol pengaturan phase untuk mengatasi kasus terjadinya jitter. Samsung SyncMaster 530TFT memiliki kontrol yang cukup lengkap sebagai monitor analog, di antaranya kontrol audio eksternal yang mudah diatur.

Meskipun demikian, kontrol monitor LCD dapat sama tidak menariknya dengan CRT. Keterangan beberapa kontrol disertai dengan singkatan-singkatan yang sulit diartikan, sehingga pemakai perlu melihat di manualnya.

Menu kontrol yang paling tidak jelas dapat dikodekan bila ditampilkan cukup panjang di layar. Waktu penampilan menu dari Dell 1500FP dapat ditambah dari 10 detik menjadi 25 detik. Hal ini cukup membantu.

Lokasi dari tombol kontrol yang berada di luar juga dapat membuat pengaturan monitor lebih sulit. Mag InnoVision LT530C misalnya, menempatkan kontrol kontras dan kecerahan yang tidak mudah dijangkau – yaitu di bagian atas panel. Apple memiliki beberapa kontrol di sisi bawah panel, yang tidak membutuhkan pencarian. Saklar power pada ViewSonic dan Princeton disembunyikan di bagian belakang monitor.

Hati-hati Sebelum Membeli

LCD belum cukup lama muncul sehingga kehandalannya belum terbukti. Umur tipikal backlight dari tampilan misalnya, belum bisa ditentukan; diperkirakan bervariasi dari tiga sampai enam tahun.imac.jpg

Kebijaksanaan layanan yang baik dari manufaktur bereputasi tinggi merupakan perlindungan terbaik terhadap masalah-masalah yang muncul dan tidak bisa diprediksikan sebelumnya, termasuk masalah dead pixel (lihat boks “Ketidaksempurnaan Pixel“).

Harga monitor LCD akan turun lagi sebelum banyak dipakai di perkantoran. Harga LCD 15 inci mencapai terendah awal tahun ini, tetapi telah merangkak naik lagi karena adanya kekurangan pasokan gelas panel. Menurut Stanford Research (San Jose, California), harga monitor LCD 15 inci rata-rata US$ 1100. Harga diramalkan naik sampai akhir tahun ini.

Harga sangat dipengaruhi oleh feature yang ada. Misalnya NEC MultiSync 1510 cukup mahal dibandingkan lainnya (US$ 1599 di AS), tetapi ditambahi dengan feature seperti hard protective glass dan teknologi yang disebut XtraView yang memperlebar area pandang layar. Apple Studio Display relatif mahal tetapi memiliki rancangan yang lebih hidup, bidang-putar lebar, dan feature yang memungkinkan Anda menaikkan panel ke atas sampai 6 inci.

Harga memang jadi pertimbangan penting. Tetapi bila Anda menaruh banyak barang di meja kerja, dan kantong Anda cukup tebal, Anda bisa mempertimbangkan mengganti CRT dengan LCD yang eksotis. (jull/pcw)

Ketidaksempurnaan Pixel

Anda melihat titik putih di layar LCD Anda? Keluhkanlah ke vendornya! Titik putih pada layar LCD Anda tampak sebagai bintang yang bersinar, tetapi mengenai pixel yang tampak membara ini tidak ada yang menarik. Bagi pemakai LCD, dead pixel seperti ini akan sangat mengganggu.

Dengan adanya 2,4 juta pixel pada setiap layar LCD 15-inci, tidak mengherankan bila beberapa di antaranya mati – kadangkala terjadi sebelum Anda membuka kotak kardus LCD. Bila hal ini terjadi, Anda bisa mengeluhkan ke vendornya untuk ditukar dengan LCD yang tanpa cacat. Tetapi mungkin pengembalian monitor karena dead pixel bisa menjadi masalah, atau bahkan tidak mungkin, tergantung dari jaminan vendornya.

Sebelum Anda membeli LCD, pastikan Anda tahu kebijaksaan vendor mengenai dead pixel. Ketika Anda mendapatkan monitor LCD, jalankan program yang berbeda dan lihat lebih dekat pada layar. Bila terdapat titik putih kecil yang cukup mengganggu Anda, itulah dead pixel dan mintalah penggantian ke vendornya.

LCD Versus CRT

 

LCD 15 inci

CRT 17 inci

Harga rata-rata (di AS)

US$ 1100

US$ 450

Area pandang layar rata-rata

15 inci

15,8 inci

Sudut pandang

Jangkauan terbatas

Jangkauan lebar

Masalah layar

Bebas flicker, rentan terhadap jitter

Bebas jitter, rentan terhadap moire

Resolusi

Bekerja baik pada 1024×768

Dapat bekerja pada berbagai setting

Desain

Tipis

Gemuk

Dimensi rata-rata (p/l/t, inci)

15x8x16

16x17x17

Bobot rata-rata

12 pon

40 pon

Konsumsi daya listrik

35 watt

110 watt

 

 

3 Tanggapan to “Human-Computer Interaction”

  1. tolong dong saya memerlukan informasi tentang perkembangan keyboard didunia

  2. Trims banget atas tulisannya ttg fitur monitor LCD🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: