e-Learning

                 e-Learning

E-Learning merupakan proses belajar-mengajar secara virtual, dimana siswa tidak perlu datang ke kelas seperti dalam proses belajar mengajar konvensional. Siswa dapat menentukan prioritas bahan pelajaran dan tempo belajarnya sendiri sesuai kebutuhannya dan bisa mengulang pelajaran jika dirasakan perlu.

e-learning-p1.jpg

Selain itu proses belajar mengajar ini dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar dan membutuhkan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan proses belajar mengajar di kelas konvensional.Perkembangan ilmu Informatika dan Komunikasi yg sangat pesat belakangan ini mendorong pula pemanfaatan e-Learning yg sangat luas dan cepat di masyarakat. Konsep e-Learning yg berbasis teknologi Informatika ini bisa dikelompokkan berdasarkan basis teknologi sebagai berikut:

Computer Based Training (CBT):Basis utama proses belajar mengajar ini adalah Program Komputer (Software), yang biasa dipakai siswa untuk belajar secara interaktif dan fleksibel. Biasanya software-software pelajaran ini berisikan bagian-bagian multimedia, seperti Animasi dan juga bagian-bagian Tools sebagai alat untuk menyelesaikan soal-soal latihan. Bagian multimedia biasanya digunakan untuk menjelaskan bahan-bahan pelajaran dan menjadikannya mudah dicerna oleh siswa.

Dengan menggunakan Tools yg disediakan maka siswa mempunyai kesempatan untuk mencoba soal-soal latihan tanpa batasan jumlah dan tingkat kesulitannya. Sistem CBT mulai berkembang di tahun 80-an dan masih berkembang terus sampai sekarang. Hal ini ditunjang antara lain oleh perkembangan sistem animasi yg kian menarik dan realistis (misalnya sistem animasi 3 Dimensional). Selain untuk siswa sekolah sistem inipun digemari oleh perusahaan-perusahaan untuk mendidik karyawannya.

CD Pelajaran interaktif untuk matematika, Kimia dan Fisika misalnya, bisa menjadi pelengkap dan bahan tambahan yg sangat bermanfaat bagi siswa sekolah, karena disini siswa bisa mengambil keuntungan-keuntungan dari konsep e-Learning seperti diuraikan diatas. Pertanyaan apakah kita bisa memanfaatkan keuntungan-keuntungan dari sistem CBT ini, sangat tergantung dari kita sendiri, apakah kita mau menggunakan software-software e-Leaning atau tidak.

Web Based Training (WBT):
Sistem ini sebetulnya merupakan perkembangan lanjutan dari CBT dan berbasis teknologi internet. Jadi lancarnya proses belajar dengan menggunakan sistem ini tergantung sekali dari infrastruktur jaringan kecepatan tinggi. Memang di Negara kita yang masih belum merata jaringan internetnya, sistem ini masih belum bisa berkembang pesat.

Salah satu komponen WBT yg sangat digemari adalah video-conferencing, dimana siswa dan guru dapat langsung mendiskusikan semua hal tanpa harus bertemu muka secara langsung. Sistem ini berkembang pesat di negara-negara maju dan dapat dimanfaatkan sebagai alat belajar mengajar di virtual classes ataupu virtual universities. (H.A.)
stellus-en.gif

1. Pendahuluan
Sejalan dengan kemajuan teknologi jaringan dan perkembangan internet, memungkinkan penerapan teknologi ini di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan atau latihan.
Di masa datang penerapan teknologi internet di bidang pendidikan dan latihan akan sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan, terutama di Indonesia yang wilayahnya tersebar di berbagai daerah yang sangat berjauhan. Sehingga diperlukan solusi yang tepat dan cepat dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan mutu pendidikan sekarang. Dengan adanya aplikasi pendidikan jarak jauh yang berbasiskan internet, maka ketergantungan akan jarak dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan pendidikan dan latihan akan dapat diatasi, karena semua yang diperlukan akan dapat disediakan secara online sehingga dapat diakses kapan saja.
Pada paper ini dibahas hal-hal yang diperlukan dalam penerapan teknologi internet untuk bidang pendidikan.

2. Aplikasi Web
Web merupakan salah satu tekonologi internet yang telah berkembang sejak lama dan yang paling umum dipakai dalam pelaksanaan pendidikan dan latihan jarak jauh (e-Learning).
Secara umum aplikasi di internet terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Synchronous System
    Aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai bisa berkomunikasi pada waktu yang sama, contohnya: chatting, Video Conference, dsb.
  • Asynchronous System
    Aplikasi yang tidak bergantung pada waktu dimana seluruh pemakai bisa mengakses ke sistem dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: BBS, e-mail, dsb.

Dengan fasilitas jaringan yang dimiliki oleh berbagai pendidikan tinggi atau institusi di Indonesia baik intranet maupun internet, sebenarnya sudah sangat mungkin untuk diterapkannya sistem pendukung e-Learning berbasis Web dengan menggunakan sistem synchronous atau asynchronous, namun pada dasarnya kedua sistem diatas biasanya digabungkan untuk menghasilkan suatu sistem yang efektif karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Dibeberapa negara yang sudah maju dengan kondisi infrastruktur jaringan kecepatan tinggi akan sangat memungkinkan penerapan teknologi multimedia secara waktu nyata seperti video conference untuk kepentingan aplikasi e-Learning, tetapi untuk kondisi umum di Indonesia dimana infrastruktur jaringannya masih relatif terbatas akan mengalami hambatan dan menjadi tidak efektif. Namun demikian walaupun tanpa teknologi multimedia tersebut, sebenarnya dengan kondisi jaringan internet yang ada sekarang di Indonesia sangat memungkinkan, terutama dengan menggunakan sistem asynchronous ataupun dengan menggunakan sistem synchronous seperti chatting yang disesuaikan dengan sistem pendukung pendidikan yang akan dikembangkan.

3. Sistem Pendukung Pendididikan
Dengan adanya sistem ini proses pengembangan pengetahuan tidak hanya terjadi di dalam ruangan kelas saja dimana secara terpusat guru memberikan pelajaran secara searah, tetapi dengan bantuan peralatan komputer dan jaringan, para siswa dapat secara aktif dilibatkan dalam proses belajar-mengajar. Mereka bisa terus berkomunikasi sesamanya kapan dan dimana saja dengan cara akses ke sistem yang tersedia secara online. Sistem seperti ini tidak saja akan menambah pengetahuan seluruh siswa, akan tetapi juga akan turut membantu meringankan beban guru dalam proses belajar-mengajar, karena dalam sistem ini beberapa fungsi guru dapat diambil alih dalam suatu program komputer yang dikenal dengan istilah agent [5].
Disamping itu, hasil dari proses dan hasil dari belajar-mengajar bisa disimpan datanya di dalam bentuk database, yang bisa dimanfaatkan untuk mengulang kembali proses belajar-mengajar yang lalu sebagai rujukan, sehingga bisa dihasilkan sajian materi pelajaran yang lebih baik lagi.

4. Collaboration
Collaboration didefinisikan sebagai kerjasama antar peserta dalam rangka mencapai tujuan bersama [1]. Collaboration tidak hanya sekedar menempatkan para peserta ke dalam kelompok-kelompok studi, tetapi diatur pula bagaimana mengkoordinasikan mereka supaya bisa bekerjasama dalam studi [2].
Saat ini penelitian di bidang kolaborasi melalui internet dikenal dengan istilah CSCL (Computer Supported Collaborative Learning), dimana pada prinsipnya CSCL berusaha untuk mengoptimalkan pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta dalam bentuk kerjasama dalam pemecahan masalah. Kenyataannya kolaborasi antar peserta cenderung lebih mudah dibandingkan dengan kolaborasi antara peserta dengan guru [6].
Gambar 1 menunjukkan konsep e-Learning dengan metoda CSCL, yang terdiri dari pemakai dan tool yang digunakan. Pemakai terdiri dari siswa dan guru yang membimbing, dimana siswa itu sendiri terbagi menjadi siswa dan siswa lain yang bertindak sebagai collaborator selama proses belajar. Para peserta saling berkolaborasi dengan tool yang tersedia melalui jaringan intranet atau internet, dimana guru mengarahkan jalannya kolaborasi supaya mencapai tujuan yang diiginkan.

Collaboration
Gambar 1: Collaboration

Dalam pelaksanaan sistem e-Learning, kolaborasi antar siswa akan menjadi faktor yang esensial [3][5], terutama pada sistem asynchronous dimana para siswa tidak secara langsung bisa mengetahui kondisi siswa lain, sehingga seandainya terjadi masalah dalam memahami makalah yang disediakan, akan terjadi kecenderungan untuk gagal mengikutinya dikarenakan kurangnya komunikasi antar siswa, sehingga timbul kecenderungan terperangkap pada kondisi standstill, sehingga menyebabkan hasil yang tidak diharapkan.
Ada 5 hal essensial [6] yang harus diperhatikan dalam menjalankan kolaborasi lewat internet, yaitu sebagai berikut:

(a) clear, positive interdependece among students
(b) regular group self-evaluation
(c) interpersonal behaviors that promote each member’s learning and success
(d) individual accountability and personal responsibility
(e) frequent use of appropriate interpersonal and small group social skills

Dalam proses kolaborasi antar siswa, guru bisa saja terlibat didalamnya secara tidak langsung, dalam rangka membantu proses kolaborasi dengan cara memberikan arahan berupa message untuk memecahkan masalah. Sehingga diharapkan proses kolaborasi menjadi lebih lancar.

5. Konfigurasi Sistem
Gambar 2 menunjukkan struktur global dari sistem pendukung untuk e-Learning. Pemakai sistem dalam hal ini siswa dan guru dapat mengakses ke sistem dengan menggunakan piranti lunak browser.

Struktur Sistem
Gambar 2: Struktur Sistem

Seperti pada gambar 2, Implementasi client/server untuk sistem penunjang pendidikan berbasis kolaborasi di internet, pada dasarnya harus memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

  • Collaboration, untuk melakukan kerjasama antar siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran. Kolaborasi ini bisa diwujudkan dalam bentuk diskusi atau tanya-jawab dengan memanfaatkan fasilitas internet yang umum dipakai misalnya: e-mail, BBS, chatting, dikembangkan sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat.
  • Database, untuk menyimpan materi pelajaran dan record-record yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar khususnya proses kolaborasi.
  • Web Server, merupakan bagian mengatur akses ke sistem dan mengatur tampilan yang diperlukan dalam proses pendidikan. Termasuk pula pengaturan keamanan sistem.

Pengembang aplikasi seperti ini bisa dilakukan dengan menggunakan software sebagai berikut:

Platform OS Linux
Web Server Apache+Tomcat
Programming Java
Script Java Server Page
Database MySQL / Postgress
Frame Work Struts
Development Tool Eclipse

Keuntungan menggunakan software diatas yaitu seluruhnya merupakan Open Source yang bisa didownload secara gratis dari web site masing-masing, sehingga dalam implementasinya bisa ditekan biaya serendah mungkin, tanpa mengurangi realibilitas sistem itu sendiri. Keuntungan lainnya yaitu untuk akses ke sistem seperti ini tidak tergantung pada suatu platform operating system.
Oleh karena itu, dengan penerapan berbagai software Open Source seperti ini, diharapkan akan dicapai suatu sistem e-Learning yang aman, terpercaya, performance tinggi, multiplatform, dan biaya rendah.

6. Penutupan
Sejalan dengan perkembangan teknologi jaringan khususnya internet, dan pemerataan pemakaian fasilitas internet di Indonesia, maka sudah selayaknya untuk memulai penerapan teknologi ini di bidang pendidikan, yang diharapkan dapat menunjang peningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan tinggi dan institusi yang relatif telah memiliki fasilitas jaringan komputer.
Dalam makalah ini telah dibahas berbagai fasilitas penunjang yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi internet dengan biaya yang seminimal mungkin melalui pemanfaatan Open Source tanpa mengurangi kualitas sistem.
Faktor kolaborasi menjadi penting dalam rangka menciptakan sistem pendidikan yang lebih efektif, karena dalam sistem pendidikan jarak jauh faktor komunikasi antar peserta akan menjadi penentu dalam menentukan perolehan pengetahuan yang dicapai oleh setiap siswa.
Permasalahan kedepan yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut:

  • Pengembangan Student Model dari database untuk menformulasikan karakter siswa sehingga sistem mampu mendeteksi kondisi siswa yang bermasalah.
  • Pengaturan pemakaian tool synchronous dan asynchronous dalam pelaksanaan kolaborasi, supaya tidak terjadi duplikasi yang membahas masalah yang sama berulang-ulang.
  • Membuat fasilitas penyusunan makalah di Web yang memudahkan para guru tanpa perlu mengetahui perintah-perintah secara mendetail, yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk berkolaborasi.

elearning.jpg

contoh e-learning :

Eksekusi Perintah DOS dari Web Browser

Dalam menggunakan komputer tentunya Anda tidak pernah terlepas dengan yang namanya perintah DOS (Disk Operating System). Dengan tampilannya yang “hitam putih” pastinya agak membosankan bukan? Lalu bagaimana caranya agar kita tidak bosan untuk bekerja dalam menggunakan perintah DOS dan bukankah sekarang merupakan era masuknya Windows? Berikut merupakan cara efektif sekaligus menyenangkan dalam menggunakan perintah DOS ,dst..


<!–Dalam menggunakan komputer tentunya Anda tidak pernah terlepas dengan yang namanya perintah DOS (Disk Operating System). Dengan tampilannya yang “hitam putih” pastinya agak membosankan bukan? Lalu bagaimana caranya agar kita tidak bosan untuk bekerja dalam menggunakan perintah DOS dan bukankah sekarang merupakan era masuknya Windows? Berikut merupakan cara efektif sekaligus menyenangkan dalam menggunakan perintah DOS dalam Windows. Caranya yaitu dengan menggunakan Web Browser kita dapat mengendalikan perintah DOS dan pastinya tidak membosankan karena tampilannya dapat di ubah-ubah sesuai dengan keinginan Anda.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. prasdikatama-eksekusidosdaribrowser.zip

–>

Membuat Add In Terbilang UntukMicrosoft Excel

Artikel berikut akan membahas bagaimana membuat membuat Add In terbilang (menterjemahkan angka menjadi kata-kata ) untuk Microsoft Excel. Bagi anda yang sering membuat tanda terima pembayaran tentunya sering kali anda harus menterjemahkan angka-angka menjadi kata-kata, misal Rp. 1000,- diterjemahkan menjadi Seribu Rupiah, tentu akan sangat melelahkan jika hal ini harus dikerjakan secara manual, dimana anda […]

Continue reading

<!–Artikel berikut akan membahas bagaimana membuat membuat Add In terbilang (menterjemahkan angka menjadi kata-kata ) untuk Microsoft Excel. Bagi anda yang sering membuat tanda terima pembayaran tentunya sering kali anda harus menterjemahkan angka-angka menjadi kata-kata, misal Rp. 1000,- diterjemahkan menjadi Seribu Rupiah, tentu akan sangat melelahkan jika hal ini harus dikerjakan secara manual, dimana anda harus mengeja setiap angka pada transaksi anda untuk kemudian anda tuliskan.

Selengkapnya silahkan didownload pada link dibawah.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Membuat Add In Terbilang Untuk Microsoft Excel

–>

Step by Step Menjadi Programmer Handal Dengan Vb.Net-5

Pada artikel sebelumnya, kita telah membuat program untuk mentransfer data dari Excel ke Access table. Dan pada artikel yang ke 5 ini, penulis mengajak pembaca untuk bermain dengan txt dan csv (comma-separated values) file. Pada artikel ini hampir sama saja, kita akan membuat program mengimport data dari txt / csv file lalu di insert kedalam dsb…


<!–Pada artikel sebelumnya, kita telah membuat program untuk mentransfer data dari Excel ke Access table. Dan pada artikel yang ke 5 ini, penulis mengajak pembaca untuk bermain dengan txt dan csv (comma-separated values) file. Pada artikel ini hampir sama saja, kita akan membuat program mengimport data dari txt / csv file lalu di insert kedalam Access Table.
Tetapi pada step ini, cara yang di gunakan berbeda dengan step sebelumnya. Mengingat kembali pada artikel sebelumnya. Untuk mentransfer data, kita melakukan nya baris demi baris . Jadi jika jumlah baris (row) nya sangat banyak maka waktu yang di butuhkan juga lebih panjang durasinya. Tetapi pada artikel ini kita akan mentransfer seluruh data secara langsung. Dan durasi yang di pakai untuk ini jauh lebih singkat, dan caranya pun lebih mudah. Eksperimen yang dilakukan penulis dalam mentransfer data yang berjumlah 100.000 baris, penulis dapat melakukan kurang dari 1 menit. Wauuuuuuuuu, waktu yang sangat fantastis bukan.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Import Data dari Text / CSV File

–>

Membuat Dynamic Title dengan PHP

Salam.
SEO, atau lengkapnya Search Engine Optimization, yaitu sebuah cara yang mempermudah sebuah website dikenali dan direcord dalam database search engine. Bagi anda seorang web master banyak hal yang tentunya telah anda lakukan guna mempromosikan website anda dengan mengikuti syarat-syarat SEO tersebut. Seperti penggunaan CSS, submit web ke penyedia jasa search engine,dsb.

<!–Salam.

SEO, atau lengkapnya Search Engine Optimization, yaitu sebuah cara yang mempermudah sebuah website dikenali dan direcord dalam database search engine. Bagi anda seorang web master banyak hal yang tentunya telah anda lakukan guna mempromosikan website anda dengan mengikuti syarat-syarat SEO tersebut. Seperti penggunaan CSS, submit web ke penyedia jasa search engine, membuat url yang friendly dengan mod_rewrite, membuat dynamic title, dan segudang syarat lainnya.

Sesuai dengan judul yang telah saya berikan, kali ini saya akan menjelaskan secara sederhana

bagaimana membuat Dynamic Title.

Sederhananya untuk membuat Dynamic Title yaitu dengan memanfaatkan tag title pada html, kemudian variable global $_REQUEST[], dan tentunya database MySQLnya.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Loka – Membuat Dynamic Title dengan PHP

–>

Tips Merancang Web Menawan (1)

Menurut survey Netcraf (www.netcraft.com) pada awal bulan September jumlah web mencapai angka 135,166,473 biji.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):Merancang Web (1)

Continue reading

<!–Menurut survey Netcraf (www.netcraft.com) pada awal bulan September jumlah web mencapai angka 135,166,473 biji.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Merancang Web (1)

–>

Beberapa Strategi Menghasilkan Uang Melalui Internet

Media internet memberikan kepada kita banyak peluang dalam menghasilkan uang. Pada ebook ini, saya akan memberikan gambaran besar kepada Anda, strategi yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui internet. Kemudian Anda bisa fokus pada satu strategi yang Anda pilih dan mempelajarinya lebih lanjut.
Media Internet merupakan media informasi, Anda dapat terus menambah pengetahuan Anda

<!–Media internet memberikan kepada kita banyak peluang dalam menghasilkan uang. Pada ebook ini, saya akan memberikan gambaran besar kepada Anda, strategi yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui internet. Kemudian Anda bisa fokus pada satu strategi yang Anda pilih dan mempelajarinya lebih lanjut.

Media Internet merupakan media informasi, Anda dapat terus menambah pengetahuan Anda dalam mengembangkan strategi untuk menghasilkan uang. Pilih Strategi yang Anda sukai. Masing-masing orang berbeda sesuai dengan minatnya. Dan memang itulah internet, memberikan banyak peluang.

Strategi menghasilkan uang dengan berjualan produk, berjualan ebook, berjualan software, menjual jasa web design, web hosting, membuat website komunitas, berjualan gambar, dan lain-lainya.

Pelajarilah lebih lanjut ebook ini dan mulailah bisnis internet Anda sekarang.

Sukses Untuk Anda

David Odang
http://www.bisnisinternetonline.com

Download ebook melalui link berikut:

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. davidodang-bisnisinternetonline.com

–>

E-Learning VS I-Learning

Penyempitan Makna E-Learning dan penggunaan istilah “Internet-Learning”
Pengertian e-learning menyempitkan arti “elektronik” pada huruf “e”dalam istilah “e-learning”. Selain karena, selain komputer juga masih terdapat alat-alat elektronik lainnya yang digunakan sebagai media pembelajaran, misalnya radio, tape audio/video, tv interaktif, cdrom, LCD Proyektor, OHP. Sebelum internet ditemukan, alat-alat tersebut sudah terlebih dulu digunakan sebagai media pembelajaran .

<!–

Penyempitan Makna E-Learning dan penggunaan istilah “Internet-Learning”

Pengertian e-learning menyempitkan arti “elektronik” pada huruf “e”dalam istilah “e-learning”. Selain karena, selain komputer juga masih terdapat alat-alat elektronik lainnya yang digunakan sebagai media pembelajaran, misalnya radio, tape audio/video, tv interaktif, cdrom, LCD Proyektor, OHP. Sebelum internet ditemukan, alat-alat tersebut sudah terlebih dulu digunakan sebagai media pembelajaran statis maupun interaktif. Mahasiswa bisa menggunakan tape recorder untuk merekam ceramah dosen di kelas untuk didengarkan dilain waktu. Dosen juga menggunakan OHP untuk mempresentasikan materi kuliahnya kepada mahasiswa sehingga hanya menuliskan materi di papan tulis seperlunya saja. Dosen juga dapat memberikan salinan dokumen materi kuliah dan referensi dalam bentuk CDROM kepada mahasiswanya untuk dipelajari dirumah. Media-media elektronik tersebut sangat membantu mahasiswa agar bisa lebih menguasai materi kuliah.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. E-Learning VS I-Learning

–>

Optimasi Flash pada Website agar Search Engine Friendly

Seringkali Flash Object pada website menyulitkan search engine untuk mengidentifikasi konten sebuah website, ini disebabkan karena search engine hanya mampu mengenali text. Namun terkadang kita harus menggunakan flash untuk jenis website tertentu, pada saat seperti ini panting bagi kita untuk melakukan optimasi terlebih dahulu agar website tetap ramah search engine meskipun menggunakan banyak animasi.

<!–Seringkali Flash Object pada website menyulitkan search engine untuk mengidentifikasi konten sebuah website, ini disebabkan karena search engine hanya mampu mengenali text. Namun terkadang kita harus menggunakan flash untuk jenis website tertentu, pada saat seperti ini panting bagi kita untuk melakukan optimasi terlebih dahulu agar website tetap ramah search engine meskipun menggunakan banyak animasi. Tulisan ini akan membahas cara mengoptimasi object flash pada website menggunakan sebuah modul berbasis JavaScript.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Optimasi Flash pada Website agar ramah Search Engine

–>

Teknik Menyembunyikan Folder Pribadi

Punya file yang sangat rahasia dan tidak ingin semua orang bisa mengetahui, melihat atau bahkan mengubahnya ! ada banyak cara, cara pertama yaitu download aplikasi yang dapat memproteksi folder atau menghide folder seperti folder guard, hide folder pro atau program sejenis lainnya. Harganya softwarenya mahal, menurut saya itu sich sah-sah saja


<!–Punya file yang sangat rahasia dan tidak ingin semua orang bisa mengetahui, melihat atau bahkan mengubahnya ! ada banyak cara, cara pertama yaitu download aplikasi yang dapat memproteksi folder atau menghide folder seperti folder guard, hide folder pro atau program sejenis lainnya. Harganya softwarenya mahal, menurut saya itu sich sah-sah saja karena file yang disembunyikan mungkin bisa lebih mahal dari harga program tersebut, jika itu kendalanya Anda bisa mendownload program sejenis yang bersifat freeware, namun karena freeware tentu saja banyak kekurangan yang disertakan, huh jadi serba salah begini, mau menyimpan file saja kok susah amat ya J.

Ya begitulah, tetapi ada yang lebih menyakitkan hati dan ini pernah dialami oleh orang lain ( mungkin maksudnya penulis tapi gak enak hati ngomongnya, heheheheheh J ), ya jadi pernah kejadian waktu itu pernah membuat folder khusus untuk menaruh dokumen penting seperti… ( sensor, hu… capek dech ), folder tersebut diprotect dengan program proteksi folder tercanggih dan terbaru, password yang digunakan pun untuk memproteksi tidak tanggung-tanggung menggunakan kode enkripsi 64 bit dan panjang karakter 15 dan unik seperti penggunaan *,%$14as59389028;’3/vv.r’rdsfsv, wah pokoknya passwordnya itu sudah kompleks bangat dech, besoknya setelah memprotek folder tersebut kemudian teman saya yang expert datang, dia menumpang meminjam komputer selama 15 menit, ngomongnya sich untuk mengkopi lagu terbaru ke mp3 miliknya, tanpa curiga kemudian saya ijinkan untuk memakai computer, setelah saya tinggal kebawah untuk mengambil minum teman saya sudah selesai memakai komputernya, kemudian setelah itu kami mengobrol masalah security dan dunia IT di Indonesia.

Singkat cerita besok pagi dia datang lagi dan meminjam komputer saya selama 15 menit lagi dengan menggunakan alasan yang sama yaitu untuk mengkopi lagu, dan seperti biasa juga saya membawakan minuman ke atas ( kan memuliakan tamu itu sunah nabi, jadi gak enak J )

kinta-teknik menyembunyikan folder pribadi

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. kinta-teknik menyembunyikan folder pribadi

–>

PHP & MySQL Web Development

PHP & MySQL adalah bahasa pemprogaman web yang mendunia, bahasanya mudah untuk dipelajari, kompatibilitas dengan berbagai macam server baik itu windows maupun unix, dan yang tak kalah penting adalah bahasa pemprogaman PHP & MySQL bersifat open source sehingga perkembangannya pun akan semakin cepat dan dapat diimplementasikan diberbagai bidang kebutuhan dalam pembuatan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: