Web Desain ‘n Animation

cover-webdesign-full.jpgWEB DESIGN

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah menuntut organisasi, instansi pemerintahan, institusi pendidikan maupun perusahaan untuk terjun dalam persaingan di dunia maya. Kemampuan untuk menunjukkan jati diri merupakan suatu nilai tambah yang senantiasa diharapkan oleh suatu organisasi, instansi, institusi, dan lebih-lebih bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan bisnis.

Kenyataan yang tidak bisa dipungkiri ini akhirnya memaksa Anda untuk memiliki aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk operasional sehari-hari maupun sebagai value added service bagi klien atau relasi Anda. Dibutuhkan layanan Web Design, Programming dan Maintenance yang terintegrasi menjadi satu yang memudahkan Anda dalam membangun aplikasi berbasis web sesuai dengan kebutuhan yang spesifik.

Situs web akan dibangun dengan basis  CMS yang merupakan sebuah perangkat professional yang dikembangkan  untuk membangun situs web (website) dengan dukungan kehandalan Content Management System (CMS) yang didesain khusus dengan antarmuka/interface berbahasa Indonesia.  CMS cocok digunakan untuk membangun sebuah website baru yang menarik, handal, interaktif, fasilitas lengkap dan tentu saja mudah dikelola.

Perangkat professional ini telah siap digunakan sebagai media pembangun situs web yang memadukan berbagai alat ukur kinerja dan efektivitas suatu situs web mulai dari segi audience, content, interactivity, usability dan innovation.  CMS tidak hanya bermanfaat bagi pengguna tingkat menengah dan tingkat mahir, namun juga sesuai bagi pemula yang ingin membuat sebuah situs web baru dengan fasilitas lengkap, tanpa memerlukan pengetahuan teknis serta pemrograman yang mendalam tentang cara pembuatan sebuah situs web.

Layanan ini dikemas secara lengkap untuk memenuhi segala keperluan dalam proses bisnis Anda dengan dua tawaran yang menarik dalam hal pembiayaan, yaitu dengan sistem jual lepas serta sewa/royalti. Dua pilihan yang sangat membantu Anda untuk disesuaikan dengan kondisi keuangan atau dana yang tersedia.

Web developer,Web designer,Web master 

Kebanyakan orang selalu berpedapat bahwa web designer, web developer dan webmaster adalah sama. Apakah benar? Dibawah ini akan kita ulas perbedaan antara ketiganya. Dimana letak perbedaan yang sebenarnya?
webdesign.gif
Web Developer
Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) maupun disisi client ( client-side scripting ). Dan jangan lupa dengan aspek database yang akan digunakan. ;) Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer.
• Client-side: JavaScript
• Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
• Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Aspek tampilan menjadi sisi yang agak “terpinggirkan” oleh web developer. Pada umumnya setelah scripting dari aplikasi web telah selesai dibuat, web developer akan menyerahkan pekerjaannya kepada web designer untuk menciptakan tampilan yang baik.

Web Designer
Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah halaman web tampak begitu “cantik”. Para web design mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page.

Pemahaman tentang Client-side scripting, HTML, CSS, cara memanipulasi image dan animasi merupakan beberapa hal yang dikuasai oleh web designer.
Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:
• Client-side scripting: JavaScript
• Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
• Cascading Style Sheets
• HTML
• Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
• Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi sangat berguna bagi para web designer.

Sisi lain yang juga harus dipahami oleh web designer adalah usability / kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS dan kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda.

Webmaster
Webmaster merupakan gabungan dari keduanya, bahkan webmaster juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang digunakan. Sebagai catatan tambahan, webmaster mungkin juga bertanggung jawab untuk optimisasi mesin pencari ( SEO ), mengisi content pada website, hingga ‘memasarkan’ website tersebut.

Dalam kelompok kerja yang lebih besar, webmaster akan lebih banyak menjadi manager dari sebuah web-based project, mengatur pekerjaan web developer dan web designer, hingga melakukan pengujian terhadap usability dari aplikasi web yang dibuat.

Bagi seorang web developer, kemampuan logis sangat dibutuhkan untuk mengatur alur aplikasi web yang dibuat. Sedangkan web designer membutuhkan kemampuan artistik dan kreatifitas. Dan bagi seorang webmaster, tentu akan membutuhkan kemampuan logis, artistik serta pengalaman yang memadai dibidangnya.

contoh desain web: 

Membuat website php dengan mambo, (easy way make php website with mambo)

Bagian 1 (Instalasi Mambo dengan Fantastico Cpanel)

Membuat website dinamis, sekarang bukanlah impian. Sebagai alternatif dari membuat sebuah blog, mambo dapat digunakan untuk membuat web dinamis, semudah menuang air dalam gelas. atau merakit sebuah mainan bongkar-pasang (thanks to mambo developer).
Di sini akan saya jelaskan step-by-step menggunakan mambo open source.
1. Download file instalasi mambo dari http://www.mamboxchange.com
2. Atau kalo kamu beli domain berikut hosting, yang dibutuhkan minimal 25 Mbytes (untuk jaga-jaga klo postingnya bakal banyak), kmu dapat install langsung dari cpanel>>fantastico tempat hosting kamu.
3. Setelah memiliki domain dan hostingnya, buka http://www.namadomainkamu.com/cpanel
contoh:

untitled-1.jpg
4. masukkan username dan password kamu.
5. setelah masuk cpanel (jika ada) pilih menu “fantastico”, kemudian di situ akan muncul

untitled-2.jpg

6. Setelah masuk ke Control Panel Fantastico, kemudian pilih “Mambo Opensource”

untitled-3.jpg
7. Setelah tampil halaman instalasi mambo, pilih “new instalation”

untitled-4.jpg
8. Setelah tampil halaman form isian, isikan data-data berikut:

untitled-5.jpgInstall on domain (kamu pilih tempat domain, dimana mambo nanti akan diinstall)

  • Install on directory (kamu isi nama direktori tempat mambo akan diinstall, kosongi saja jika kamu pengen install di root domain kamu.) Kalo kamu pakai subdomain (ex: bali.multimitramandiri.com perlakuannya sama, asal di isian yang pertama sudah kamu pilih dengan nama subdomain kamu dalam hal ini adalah “bali.multimitramandiri.com”
  • Administrator Username, kamu isi sesuka kamu
  • Administrator Password, kamu isi sesuka kamu
  • Site name, Kamu isi Judul/ Nama situs kamu (nantinya akan jadi judul/tittle halaman utama website kamu)
  • Admin Full name, kamu isi aja sesuka kamu
  • Admin Email, kamu isi dengan alamat email admin (klo kamu adminnya, isi dengan alamat email kamu)

9. Klik “Install Mambo Open Source”
10. Setelah itu klik “Finish Instalation”, dan selesai. Silahkan lihat situs kamu. (dalam hal ini situs yang telah dibuat dengan mambo adalah http://bali.multimitramandiri.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: